BUKU AHLUSUNNAH WAL JAMAAH

Judul: Ahlussunnah Wal Jamaah: Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai.
Penulis: A. Fatih Syuhud
Halaman: xxiv + 446 = 470
Ukuran: 14 x 21
Penerbit: Pustaka Alkhoirot Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang
Cetakan I: Desember 2017
Harga: Rp. 100.000
Pesan via email: info@alkhoirot.com
Pesan via WA: 0815-5325-6855

Buku: Ahlusunnah Wal Jamaah, Islam Wasathiyah,
Tasamuh, dan Cinta Damai

Sekilas Tulisan Beliau

Seorang penganut Ahlussunnah yang betul-betul memahami esensi Aswaja akan memiliki perilaku yang tidak hanya toleran, menghargai perbedaan dan cinta damai terhadap sesama muslim, tapi juga akan bersikap yang sama pada non-muslim yang tidak berbuat zalim. Mengapa?

Pertama, Ahlussunnah secara fitrah selalu toleran pada perbedaan madzhab akidah. Diterimanya tiga akidah yang berbeda yaitu Asy’ariyah, Maturidiyah dan Ahlul Hadits (Atsariyah) sebagai bagian dari aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah  membawa konsekuensi bahwa kebenaran dalam konsep aqidah tidaklah tunggal. Karena ketiganya bersifat ijtihadi.

Kedua, toleran pada perbedaan  madzhab fiqih. Dengan adanya empat madzhab fikih yang diakui sebagai bagian dari Ahlussunnah, maka itu bermakna bahwa terkadang ada empat pandangan fikih yang berbeda dalam masalah yang sama.  Dan keempat pandangan yang berbeda itu dihukumi sama-sama benar. Rasulullah bersabda: “Hakim (mujtahid) yang berijtihad dan ijtihadnya benar maka ia mendapat dua pahala. Sedangkan yang berijtihad dan ternyata salah maka mendapat satu pahala.”  

Perbedaan itu justru menjadi rahmat bagi umat. Seperti kata Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni: "Kesepakatan ulama menjadi hujah yang pasti. Sedangkan perbedaan ulama menjadi rahmat yang luas." 

BUKU AHLUSUNNAH WAL JAMAAH BUKU AHLUSUNNAH WAL JAMAAH Reviewed by Unknown on Tuesday, December 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.